Software


BAB XI
SOFTWARE


11.1 Pengertian Software
Software adalah sebuah data yang diprogram dan disimpan secara digital yang tidak terlihat secara fisik tetapi terdapat dalam komputer. Software atau perangkat lunak dapat berupa program atau menjalan suatu perintah atau intruksi yang dengan melalui software (perangkat lunak) komputer dapat beroperasi atau menjalankan suatu perintah.

11.2 Fungsi Software
Antara lain menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol, meng-identifikasi program, serta mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

11.3 Jenis – Jenis Software 
Software System (Sistem Operasi)
Software system merupakan program-program yang mengontrol pekerjaan komputer dan seluruh perangkat input dan output.
Beberapa kontrol yang dapat dilakukan oleh software system adalah menghidupkan komputer, menjalankan program, menyimpan data dan informasi ke dalam media penyimpan, menyalin file, memformat disket, dan membuat back up isi hardisk.

2.      Sofware Bahasa (Bahasa Pemrograman)
Bahasa pemrograman adalah bahasa atau notasi yang digunakan untuk membuat suatu program/aplikasi.
Alat untuk mengubah menjadi program disebut kompilator.
Jenis – Jenis Bahasa Pemogramman :
1.      Bahasa Mesin : Bahasa mesin (bahasa pemrograman generasi pertama) adalah tipe paling dasar bahasa pemrograman, terdiri dari kumpulan angka yang dapat digunakan hardware komputer.
2.      Bahasa Assembly : Bahasa Assembly (bahasa generasi kedua) lebih mudah dipahami dari-pada bahasa mesin. Untuk membuat program dengan bahasa assembly, programmer membuat kode yang akan diterjemahkan oleh komputer.
3.      Bahasa Tingkat Tinggi : Bahasa tingkat tinggi mempunyai kemampuan lebih tinggi sehingga memungkinkan programmer untuk menuliskan kode programnya dengan lebih mudah. Bahasa tingkat tinggi mempunyai ciri mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari.
Contoh software bahasa pemrograman adalah PASCAL, ASSEMBLER, COBOL, FORTRAN, PL/I, C+ +, dan Java.

3.      Software Application ( Program Apliaksi)
Software aplikasi biasanya disebut dengan software terapan (application software).
Software aplikasi adalah program-program komputer yang diguna-kan untuk melaksanakan tugas-tugas yang bersifat spesifik, misalkan untuk mengetik naskah, untuk menggambar, untuk mengolah foto, pendidikan, hiburan, dan sebagainya.
Secara umum software aplikasi dapat di-kelompokkan berdasarkan jenis tugasnya sebagai berikut :
1.      Software Pengolah Kata
2.      Software Pengolah Angka
3.      Software Grafis
4.      Software Penerbitan
5.      Software Database

4.      Software Utility (Program Bantu)
Software Utility merupakan software sistem yang melakukan tugas-tugas khusus berkaitan dengan penanganan kinerja komputer, perangkat input dan output, serta program-program lain dalam sebuah komputer. Beberapa soft-ware sistem operasi menyertakan program-program utility di dalamnya.
Fungsi dari software utility, antara lain:
1.      Melihat file (file viewer)
2.      Men-scan (memeriksa) disk
3.      Merawat system
4.      Mengkompress (memadatkan) file
5.      Mendeteksi
6.      Menghilangkan virus

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »