TI Politala Matdis 1C



Pada bagian ini akan dijelaskan empat komponen dasar penting dalam bahasa C++, yaitu Input, Output, Variabel, dan Tipe Data

1. Input
    adalah interaksi pengguna (manusia) dengan program, memungkinkan program dapat menerima data atau informasi dari pengguna, dalam bahasa pemrograman C++ kita dapat melakukanya perintah masukan dengan menggunakan object cin.

Untuk menggunakan cin kita membutuhkan Extraction Operator dengan tanda >>yang diletakan di antara object cin dan ekspresi.

Contoh Penulisan
1
cin<<variable;
Contoh Program
1
2
3
4
5
6
7
8
9
#include <iostream>
using namespace std;
int main ( ) {
   int x ;
   cout<<"Masukkan sebuah angka : ";
   cin>>x;
   cout<<"Angka yang dimasukkan adalah "<<x<<endl;
   return 0;
}
Di atas adalah contoh program yang mencontohkan bagaimana penggunaan input output dengan object cout dan cin. Pada baris ke empat didirikan variable x dengan tipe data integer yang akan berfungsi untuk penyimpanan data masukan dari pengguna program.

2. Output
    adalah aktifitas program yang mendapatkan perintah untuk memberikan informasi data kepada pengguna (manusia). Data itu biasanya merupakan hasil olahan dari data sebelumnya. Dalam bahasa C++ kita dapat melakukan pengeluaran menggunakan object cout.

Untuk menggunakan object cout kita membutuhkan Insertion Operator dengan tanda << di antara object dengan ekspresi.

Jika kita ingin melakukan keluaran (menampilkan) nilai dari suatu variable kita hanya akan membutuhkan identias dari variable tersebut dan jika kita ingin langsung menampilakan sebaris kalimat (string), kita dapat melakukanya dengan menambahkan sepasang tanda petik dua di awal kalimat dan di akhir kalimat.

Contoh Penulisan
1
2
3
4
5
cout<<variable;
//atau
cout<<"Hallo Semua";
//atau
cout<<variable<<" Hallo Semua";
Pada pernyataan pertama, pernyataan tersebut akan melakukan keluaran dengan menampilkan nilai dari variable. Pada pernyataan kedua adalah keluaran yang akan menampilkan string Hallo Semua dan Pada pernyataan ketiga adalah keluaran yang akan menampilkan nilai dari variable dan string Hallo Semua

3. Variabel
adalah sebuah nama yang diberikan pada area di memori yang digunakan untuk menyimpan atau menampung data. Variabel digunakan untuk mempermudah akses ke memori dan memanipulasi data pada memori tersebut.

Sebuah nama variabel terdiri dari gabungan huruf, angka dan underscore (‘_’). Berikut aturan penamaan sebuah variabel.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »