Komputasi Bisnis & Dunia Usaha


BAB XV
Komputasi Bisnis & Dunia Usaha


15.1 Pengertian Komputer
Mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

15.2 Elemen Sistem Komputer
a.       Hardware atau Perangkat Keras : peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah
b.      Software atau Perangkat Lunak : program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
c.       Brainware : manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.

15.3 Penggolongan Komputer
1.      Berdasarkan Data yang Diolah
a.       Komputer Analog : Komputer Analog adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog.

b.      Komputer Digital : Komputer Digital adalah mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.

c.       Komputer Hybrid : Komputer Hybrid adalah jenis Komputer yang diperuntukan untuk pengolahan data yang sifatnya kuantitatif maupun kualitatif, atau dengan istilah lain menggabungkan kemampuan Digital dengan Analog.

2.      Berdasarkan Penggunanya
a.       Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
b.      Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
3.      Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
a.       Komputer Mikro (Micro Computer) : komputer personal (personal computer) yang digunakan untuk perorangan dan bersifat stand alone.
b.      Komputer Mini (Mini Computer) : Komputer jenis ini biasa digunakan untuk kebutuhan penyimpanan data dan informasi dala skala menengah sebagai server
c.       Komputer Kecil (Small Computer) : Komputer jenis ini banyak digunakan untuk multo programming, multiprocessing, dan virtual storage.
d.      Komputer Menengah (Medium Computer) : Komputer jenis ini dapat memilik bermacam-macam alat input dan output
e.       Komputer Besar (Large Computer) : Komputer besar biasanya disebut maingram yang digunakan pada perusahaan skala besar untuk menagani pemrosesan data dengan volume sangat besar.
f.        Komputer Super (Super Computer) : Komputer jenis ini digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks
4.      Berdasarkan Generasinya
a.       Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Dengan terjadinya perang dunia ke dua, negara - negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mepercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, konrad zuse seorang insinyur jerman membuat sebuah komputer z3 untuk untuk membangun sebuah pesawat terbang dan peluru kendali.
b.      Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya ukuran mesin - mesin elekrik berukuran drastic.
c.       Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Para ilmuan akhirnya berhasil memasukan lebih banyak komponen - komponen chip tunggal yang disebut semi konduktor. Hasilnya komputer menjadi semakin lebih kecil karena komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yan berbeda secara serentak dengan sebuah program utama memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
d.      Komputer Generasi Keempat (1970-1982)
Komputer menunjuk evolusinya menjadi ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja ( Desktop komputer ) menjadi komputer ynag dapat dimasukan kedalam tas ( Laptop ), atau bahkan komputer yang dapat digenggam ( Palmtop ).
e.       Komputer Generasi Kelima (1982 – Sekarang )
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi  hal 90000 dari novel karya Arthur C. Clarke ( 2001 ) yang berjudul space oddysey. Hal menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan komputer generasi kelima, dengan kecerdasan buatan ( Artificial Inteligence ). Hal dapat memililki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia. Menggunakan masukan visual dan belajar dari pengalamannya sendiri.

15.4 Pengolahan Data Terdistribusi
1.      Keuntungan :
a.       Memungkinkan dicapainya tujuan berbeda di masing-masing unit.
b.      Pengelola dapat mengontrol kebutuhan data .
c.       Informasi beraneka ragam.
2.      Kerugian :
a.       Sulit menjaga integritas data dalam SIM.
b.      Arsip data pusat kurang mutakhir.
c.       Penyebaran informasi harus melalui birokrasi, kompetisi dan koordinasi.
d.      Penggunaan sumber daya meningkat.

15.5 Aplikasi Otomotisasi Perkantoran
1.      Pengolah Kata (Word Processing)
2.      Surat Elektronik (Electronic Mail)
3.      Surat Bersuara (Voice Mail)
4.      Kalender Elektronik (Electronic Calendaring)
5.      Konferensi Suara (Audio Conferencing)
6.      Konferensi Video (Video Conferencing)
7.      Konferensi Komputer (Computer Conferencing)
8.      Facsimile (FAX)
9.      Videotext
10.  Pencitraan (Imaging)
11.  Desktop Publishing

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »