TI Politala Matdis 1C


KOMBINATORIAL

Pengertian Kombinatorial
Kombinatorial adalah cabang matematika yang berguna untuk menghitung jumlah penyusunan objek tanpa harus menghitung semua kemungkinan susunannya. Kombinatorial terdiri atas dua teori yaitu graf dan pohon.

1. Prinsip Dasar Menghitung
Ada dua prinsip dasar yang digunakan dalam menghitung yaitu :
a.       Aturan penjumlahan
Kaidah penjumlahan ( rule of sum ) p 1 + p 2 + ... + p n hasil
Percobaan 1: p hasil
Percobaan 2: q hasil
Percobaan 1 dan percobaan 2:
p + q hasil
Contoh :
Ketua angkatan IF 2002 hanya 1 orang (pria atau wanita, tidak bisa gender). Jumlah pria IF2002 = 65 orang dan jumlah wanita = 15 orang. Berapa banyak cara memilih ketua angkatan?
Penyelesaian: 65 + 15 = 80 cara.
b.      Aturan perkalian
Kaidah perkalian ( rule of product ) p 1 * p 2 * ... * p n hasil
Percobaan 1: p hasil
Percobaan 2: q hasil
Percobaan 1 dan percobaan 2:
p * q hasil
Contoh :
Dua orang perwakilan IF2002 mendatangai Bapak Dosen untuk protes nilai ujian. Wakil yang dipilih 1 orang pria dan 1 orang wanita. Berapa banyak cara memilih 2 orang wakil tersebut?
Penyelesaian: 65 * 15 = 975 cara.
2. Permutasi dan kombinasi
a.       Permutasi
Suatu permutasi merupakan susunan yang mungkin dibuat dengan memperhatikan urutannya. Permutasi merupakan bentuk khusus aplikasi prinsip perkalian.
Misalkan diberikan suatu himpunan A dengan jumlah anggota adalah n, maka susunan terurut yang terdiri dari r buah anggota dinamakan permutasi –r dari A, ditulis P(n,r).

b.      Kombinasi
Misalkan r merupakan unsur bilangan bulat tak negatif. Yang dimaksud dengan kombinasi r dari suatu himpunan B yang terdiri dari n anggota yang berbeda adalah jumlah himpunan bagian dari B yang memiliki anggota r buah objek. Interpretesi yang lain tentang kombinasi adalah menyusun objek sejumlah r dan n buah objek yang ada.

c.       Kombinasi
Bentuk khusus dari permutasi adalah kombinasi. Jika pada permutasi urutan kemunculan diperhitungkan, maka pada kombinasi, urutan kemunculan diabaikan. Misalkan ada 2 buah bola yang warnanya sama 3 buah kotak. Setiap kotak hanya boleh berisi paling banyak 1 bola.

Misal terdapat r buah bola yang semua warna nya sama dan n buah kotak.
a.       Masing-masing kotak hanya boleh diisi paling banyak satu buah bola. Jumlah cara memasukkan bola: C(n,r)
b.      Masing-masing kotak boleh lebih dari satu buah bola (tidak ada pembatasan jumlah bola). Jumlah cara memasukkan bola: C(n+r-1,r).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »