Jenis Komputer


BAB II
JENIS KOMPUTER


2.1 Sejarah Komputer
Dengan kecanggihan computer dimasa sekarang pastilah computer sendiri memiliki sejarah dari mulai pembuatan pertamanya, berikut adalah sejarah computer dari generasi ke generasi :
a.      Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Dengan terjadinya perang dunia ke dua, negara - negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mepercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, konrad zuse seorang insinyur jerman membuat sebuah komputer z3 untuk untuk membangun sebuah pesawat terbang dan peluru kendali.
b.      Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya ukuran mesin - mesin elekrik berukuran drastic.
c.       Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Para ilmuan akhirnya berhasil memasukan lebih banyak komponen - komponen chip tunggal yang disebut semi konduktor. Hasilnya komputer menjadi semakin lebih kecil karena komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yan berbeda secara serentak dengan sebuah program utama memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
d.      Komputer Generasi Keempat (1970-1982)
Komputer menunjuk evolusinya menjadi ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja ( Desktop komputer ) menjadi komputer ynag dapat dimasukan kedalam tas ( Laptop ), atau bahkan komputer yang dapat digenggam ( Palmtop ).
e.       Komputer Generasi Kelima (1982 – Sekarang )
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi  hal 90000 dari novel karya Arthur C. Clarke ( 2001 ) yang berjudul space oddysey. Hal menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan komputer generasi kelima, dengan kecerdasan buatan ( Artificial Inteligence ). Hal dapat memililki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia. Menggunakan masukan visual dan belajar dari pengalamannya sendiri.

2.2 Jenis Komputer
Komputer zaman sekarang sudah merupakan barang yang tidak asing lagi, bahkan merupakan sebuah kebutuhan, dari segi disain dan fungsinya berbagai jenis komputer telah di ciptakan untuk mempermudah kinerja para penggunanya
Dan jenis-jenis komputer tesebut diberikan nama sesuai dengan fungsinya masing-masing antara lain mari kita lihat beberapa jenis komputer
1.      Personal Computer (PC)
Adalah istilah yang digunakan untuk komputer yang diletakkan di atas meja (Desktop Komputer); biasanya yang diletakkan diatas meja hanyalah monitor, mouse dan keyboard, sementara CPU diletakkan dibawah meja. Komputer ini terpisah antara CPU dengan monitornya. Biasanya komputer ini banyak digunakan untuk keperluan mengakses atau mengedit data dengan waktu yang cukup lama, dan juga banyak digunakan oleh para gamers.
Komputer ini dapat di upgrade dengan mudah dibandingkan dengan komputer lainnya untuk meningkatkan performa komputer tersebut.
2.      Desknote
Selain PC yang diletakkan di atas meja, ada juga komputer portable dengan ukuran yang lebih kecil dari PC, namun tidak memiliki baterai.  Catu daya yang digunakan langsung dari colokan listik yang ada. Dengan catu listrik maka harganya tidak semahal Laptop (komponen batere merupakan salah satu komponen yang mahal). Disebut desknote karena komputer ini mudah dibawa namun untuk penggunaannya sering ditaruh dimeja dengan catuan listrik dan dapat dilipat untuk mempermuadah penyimpanan.
3.      Laptop
Adalah komputer yang bentuknya ringkas dan portable (mudah dibawa kemana-mana). CPU, monitor dan keyboard menyatu menyerupai sebuah buku. Untuk menggunakannya dibuka terlebih dahulu. Kenapa namanya laptop? Karena setiap penggunanya selalu menaruh di atas pangkuan (lap)
4.      Notebook
Setelah populernya istilah laptop, lalu lahirlah laptop dengan ukuran yang lebih tipis. Ketebalannya mirip dengan buku kecil (note) sehingga keluarlah istilah notebook.  Bentuknya hampir sama dengan laptop untuk mengetahui perbedaan antara Laptop.
5.      Netbook
Komputer ini keluar sekira 2 atau 3 tahun terakhir. Kebutuhan orang untuk terhubung ke internet setiap saat baik untuk chatting, surfing, update blog, facebook dan sebagainya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pabrikan berlomba-lomba membuat komputer portable yang ringan dan murah tetapi fiturnya dibatasi dari laptop dan notebook . Dari kondisi inilah lahir perangkat netbook atau notebook yang diperuntukkan bagi para netter (pelaku internet)

2.3 Ruang Lingkup Jaringan Komputer
Jaringan computer (computer network) adalah hubungan dua buah computer atau lebih yang bertujuan melakukan pertukaran data dengan mudah. Diantaranya, berbagi pemakaian perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Bahkan berbagai kekuatan pemrosesan data sehingga dapat mempersingkat waktu pengerjaan dan meningkatkan efisiensi kerja.
Server merupakan pelayanan atau induk dari kumpulan-kumpulan computer atau stasiun kerja (workstation). Server bertugas mengoordinasi kerja dari stasiun kerja. Mengatur kegiatan pengguna computer atau pemakai (user), dan memonitor kerja dari beberapa stasiun kerja tersebut. Server juga berfungsi mengatur pemakai computer dalam menggunakan perangkat lunak (software) ataupun perangkat keras (hardware).
Berdasarkan fungsinya server terbagi menjadi empat macam yaitu :
a) File server berfungsi untuk menangani (file) yang dapat diakses oleh client.
b) Print server berfungsi sebagai pengontrol printer yang dapat digunakan oleh client.
c) Web server berfungsi menangani halaman-halaman web yang dapat diakses oleh browser.
d) Mail server berfungsi menangani surat elektronik.
Clientadalah perangkat yang akan terhubung ke jaringan. Kebanyakan client tentu saja berupa komputer, tetapi dapat juga berupa perangkat keras lainnya. Seperti printer dan scanner. Kadang-kadang pemakai komputer disebut juga client. Ketika client meminta informasi, server akan memberikan tanggapan dengan cara memberikan salinan informasi yang diminta oleh client.
Agar proses pertukaran itu sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna, di anatara server dan client terdapat jembatan penghubung yang dinamakan protocol komunikasi. Protokol tersebut berisi sejumlah tata cara atau langkah-langkah agar kedua computer tersebut saling berkomunikasi dengan baik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »